Tips Investasi Saham Blue Chip Untuk Pemula Di Tahun 2023

tips investasi saham blue chip

Apa itu Saham Blue Chip?

Saham blue chip adalah jenis saham yang dikenal sebagai saham yang dibeli atau dijual oleh investor karena kinerja yang kuat dan konsisten di pasar saham. Ini adalah saham yang dianggap paling aman dan paling stabil. Saham ini biasanya milik perusahaan dengan nama besar yang dapat diandalkan. Di Indonesia, dikenal juga sebagai saham LQ45, yang merupakan komposisi dari 45 saham yang paling likuid di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Apa Keuntungan Investasi Saham Blue Chip?

Investasi saham blue chip memiliki banyak keuntungan, yaitu:

  • Keuntungan utama dari investasi saham blue chip adalah nilai investasi yang konsisten dan stabil. Perusahaan blue chip yang memiliki keberhasilan jangka panjang dan reputasi yang baik di pasar, membuat nilai sahamnya lebih stabil ketimbang saham lainnya. Hal ini membuat investor lebih nyaman dalam berinvestasi.
  • Investasi saham blue chip juga dikenal dengan tingkat risiko yang lebih rendah. Karena perusahaan yang mengeluarkan saham blue chip telah terbukti berkinerja baik dan konsisten di pasar, maka risiko yang terkait dengan saham ini juga lebih rendah.
  • Selain itu, saham blue chip juga dapat memberikan investor kesempatan untuk mendapatkan dividen yang lebih tinggi. Perusahaan yang mengeluarkan saham blue chip biasanya membayar dividen tinggi, karena mereka memiliki kas yang lebih banyak untuk membayar dividen.

Bagaimana Cara Investasi Saham Blue Chip?

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memulai investasi saham blue chip:

  • Pertama, Anda harus menentukan tujuan investasi Anda. Apakah Anda ingin mendapatkan keuntungan jangka pendek atau jangka panjang? Ini akan membantu Anda memutuskan jenis saham blue chip yang akan Anda beli.
  • Kedua, Anda harus melakukan penelitian tentang pasar saham dan perusahaan yang mengeluarkan saham blue chip. Anda harus mempelajari histori kinerja perusahaan, harga saham, dan lainnya. Hal ini akan membantu Anda membuat keputusan investasi yang tepat.
  • Ketiga, Anda harus menetapkan budget investasi Anda. Ini penting untuk memastikan bahwa Anda tidak berinvestasi lebih dari yang Anda mampu. Anda juga harus menentukan berapa banyak saham yang akan Anda beli.
  • Keempat, Anda harus membuat akun di bursa saham. Hal ini penting untuk memfasilitasi transaksi saham. Anda harus mengikuti prosedur yang ditentukan oleh bursa saham untuk membuka akun.
  • Kelima, Anda harus menentukan jumlah uang yang akan Anda investasikan ke dalam saham blue chip. Perhatikan harga saham saat membeli, jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  • Keenam, Anda harus melacak perubahan harga saham. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda tidak kehilangan uang Anda. Anda harus menetapkan batas kerugian dan keuntungan Anda, dan keluar dari posisi ketika Anda mencapai salah satunya.
  • Ketujuh, Anda harus menjual saham Anda ketika Anda sudah mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Jangan tunda-tunda menjual saham Anda.
BACA JUGA   Tips Investasi Obligasi Untuk Pemula Di Tahun 2023

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Investasi Saham Blue Chip?

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berinvestasi saham blue chip:

  • Pastikan Anda melakukan riset yang cukup tentang pasar saham. Ini penting untuk membuat keputusan investasi yang tepat.
  • Jangan mengambil risiko yang terlalu besar. Jangan berinvestasi lebih dari yang Anda mampu.
  • Anda harus mengetahui risiko yang terkait dengan investasi saham blue chip. Ingat bahwa harga saham dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Jangan lupa untuk memantau kinerja perusahaan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda memilih saham yang akan memberikan keuntungan bagi Anda.
  • Jangan takut untuk mengambil keputusan. Anda harus berani untuk mengambil risiko jika Anda ingin berinvestasi saham blue chip.

Kesimpulan

Investasi saham blue chip adalah jenis investasi yang paling aman dan stabil. Saham blue chip juga dapat memberikan investor kesempatan untuk mendapatkan dividen yang lebih tinggi. Namun, Anda harus melakukan riset yang cukup dan mempertimbangkan risikonya sebelum Anda membeli saham blue chip. Dengan berinvestasi dengan bijak, Anda dapat memperoleh keuntungan yang baik dari investasi saham blue chip.